Guru-Guru Gokil: Fun, yet Meaningful

Film yang diproduseri oleh Dian Sastrowardoyo ini memberi kesan mendalam bagi para penonton, setidaknya buat gue. Menceritakan tentang kehidupan guru SMA di pelosok yang mengejar perampok gaji dan uang pensiunan para guru.



Menampilkan: Dian Sastrowardoyo, Gading Marten, Faradina Mufti, Boris Bokir, Kevin Ardilova

Sutradara: Sammaria Simanjuntak

Walaupun nggak lucu-lucu banget, tetapi film ini goals-nya jelas. Tanpa komedi slapstick khas Indonesia yang mulai membosankan dan nggak MAKSA, film ini menjadi film yang jujur dan mengalir. Alur film ini sederhana, pacing yang pas dan tidak terlalu bertele-tele dengan tambahan ini-itu.

Sejujurnya gue tidak terlalu mengikuti filmografi seorang Sammaria Simanjuntak meskipun gue pernah nonton 2 filmnya, Selamat Pagi, Malam dan Demi Ucok. Dengan 3 film beliau yang gue tonton sejauh ini, gue belum bisa menyimpulkan gaya penyutradaraanya seperti apa. Tapi gue bisa bilang, ketiga film yang sudah gue tonton memang lumayan.

Gue bertanya-tanya, kenapa beliau tidak mendapatkan perhatian lebih dari publik? Bahkan gue nggak pernah liat filmnya di bioskop, atau jangan-jangan gue nggak sadar (?)

Anyway, Guru-Guru Gokil memberi kesan mendalam bagi para guru dan murid. Film ini juga cukup membuka mata gue, bahwa masih ada sekolah-sekolah dengan sumber daya pengajar seadanya, dan gaji yang kalau dihitung nominalnya sangat menyedihkan.

Cerita yang menarik tanpa para aktor yang performanya apik, hanya akan berakhir dengan AMBYAR. Semua aktor di film ini memerankan karakter mereka dengan baik. Terutama yang mencuri perhatian gue, Kevin Ardilova. Aktor pendatang baru yang punya potensi jadi besar suatu saat nanti. Mari kita tunggu.

Semoga ulasan ini tidak terlalu mempengaruhi lo karena ini subjektivitas gue semata. Untuk tahu film ini bagus atau tidak, silakan tonton dan cari tahu sendiri. Kalau bagus buat lo, syukur. Kalau ternyata kurang memuaskan, semoga duit yang lo keluarkan untuk menonton bisa jadi berkah.

Selamat menonton!

Available on Netflix

Post a Comment

0 Comments