Review Film Metamorphosis (2019): Potensial Namun Kurang Berkesan

Kim Hong-sun bukan nama yang akrab buat gue, tetapi salah satu filmnya, The Con Artists (2014), pernah menjadi komedi kriminal favorit gue. Siapa sangka sutradara yang biasa menakhodai film-film thriller dan kriminal ini melahirkan sebuah film horor spiritual bertema exorcism. Sekilas gue merasa bahwa ‘Metamorphosis’ akan memunculkan gebrakan baru di subgenre ini. Namun sayang sekali potensi tersebut justru tidak dibarengi dengan eksekusi yang matang.

 


‘Metamorphosis’ menceritakan tentang iblis yang bisa berubah wujud menjadi manusia. Tipu muslihatnya menargetkan sebuah keluarga yang baru pindah ke rumah baru. Hal tersebut bukan tanpa alasan, iblis tersebut memiliki dendam kepada seorang eksorsis bernama Joong-so (Bae Sung-woo), yang merupakan adik dari Kang-goo (Sung Dong-il) kepala keluarga tersebut.

 

Dibuka dengan prolog yang menjanjikan, tetapi begitu memasuki sekuens kedua, ketiga, dan berikutnya, entah kenapa gue merasa aliran plot-nya sedikit tersendat-sendat dan kurang konsisten. Kendati demikian, presentasi keseraman dan ketegangan film ini buat gue pas, tidak berlebihan. Meski bagi audiens yang doyan jump scare, film ini mungkin tidak akan bisa memuaskan. Film horor ini lebih membumi untuk mereka yang ingin tontonan seram tapi masih dalam batas wajar, ya ini cocok.

 

Secara visual tidak ada masalah berarti. Mulai dari efek visual sampai dengan tone yang digunakan cukup nyaman untuk mata dan membantu membangun elemen horor film ini. Gue juga sangat kagum dengan kinerja makeup artists film ini yang berhasil membuat look yang believable untuk menggambarkan iblis yang menyeramkan. Untuk aspek audio, gue rasa tidak ada yang istimewa, namun jauh dari kesan buruk.

 

Menuju sekuens akhir, film ini justru seperti terombang-ambing oleh plot-nya sendiri. Pacing tiba-tiba menjadi lebih cepat, terdapat juga fragmen plot yang rumpang, dan kurang matangnya eksekusi Kim dalam membangun elemen dramatis. Meski tetap mengharukan, tetapi bukan itu yang gue harapkan sejak awal.

 

Secara keseluruhan, ‘Metamorphosis’ mungkin bukan film horor yang bisa membuat bulu kudukmu berdiri, apalagi membuatmu susah tidur. Jangan berekspektasi dan tonton saja, maka film ini akan cukup menghibur.

 

Skor: 6.7/10

Klik di sini untuk menonton via Klik Film. 


Post a Comment

0 Comments