Our Beloved Summer (2021-2022): Fiksi Realistis yang Dikemas dengan Manis

 

 

'Our Beloved Summer' Still -- Netflix

Drama komedi romantis tidak pernah masuk ke dalam daftar tontonan saya sejak Weightlifting Fairy Kim Bok-joo. Alasannya sederhana, karena saya sudah terlalu banyak mengonsumsi drama romantis dengan formula yang terus didaur-ulang. Cowok (sok) keren bertemu dengan cewek biasa (atau miskin), cowok dingin nggilani dipertemukan dengan cewek pecicilan, cinta segitiga yang over-competitive, atau CEO muda jatuh cinta dengan karyawan cantik di kantornya. Terlebih jika tema yang diangkat tidak eksploratif. Drama romantis memang akan selalu bertemu dengan keklisean, tetapi jika eksekusinya matang, keklisean itu dapat diterima.

Jika bukan karena trio Choi Woo-shik, Kim Da-mi, dan Kim Sung-cheol, barangkali saya tidak akan menyentuh drama ini sama sekali. Awalnya saya hanya akan menonton Snowdrop yang dibintangi Jisoo. Namun, saya justru kelelahan saat menonton drama itu, dan tetap bertahan dengan Our Beloved Summer yang selalu menawarkan hal baru setiap episodenya. 

Our Beloved Summer seperti perpaduan Record of Youth, Run On, dan Reply Series secara formula. Realistic fiction memang underrated di kalangan penggemar Drama Korea. Namun, saya terkejut dan turut senang Our Beloved Summer mendapat perhatian yang luar biasa, di luar dugaan saya sebelumnya. Drama semacam ini memang perlu banyak peminat agar terus diproduksi. 

Lee Na-eun, penulis Our Beloved Summer, merupakan investasi luar biasa bagi industri drama Korea mengingat teknik penceritaannya sedikit banyak mirip dengan Lee Woo-jung (Reply Series, Hospital Playlist) dan Lee Byung-heon (Be Melodramatic). Dua penulis itu punya kualitas penuturan yang ringan dan sensitif. Keduanya juga mampu mengemas isu yang berat menjadi lebih mudah dipahami. Lee Na-eun dalam Our Beloved Summer juga melakukan hal yang sama. She's brilliant!

 

Our Beloved Summer mengisahkan Choi Ung (Choi Woo-shik) dan Kook Yeon-su (Kim Da-mi) yang dipertemukan kembali setelah dokumenter yang melibatkan mereka berdua viral. Mereka dipertemukan pada situasi saat mereka sudah putus selama 5 tahun tanpa alasan yang jelas.

 

Our Beloved Summer merupakan drama yang solid dari segala sisinya. Konsepnya matang, kita bisa tahu dari judul tiap episode yang terinspirasi dari judul-judul film populer (di antaranya 500 Days of Summer, Catch Me If You Can, hingga Begin Again), sinematografi yang mumpuni dan tampak mewah, serta soundtrack yang catchy (Ada V BTS, BIBI, 10cm, hingga Sam Kim sebagai pengisinya).



Drama ini juga menjadi reuni Choi Woo-shik dan Kim Da-mi sejak The Witch Part. 1 Subversion (2018) 4 tahun lalu. Keduanya menunjukkan chemistry yang luar biasa. Agaknya proyek ini seperti 'taman bermain' bagi mereka. Penampilan apik mereka juga didukung oleh aktor yang tak kalah berbakat, Kim Sung-cheol (Prison Playbook) dan Roh Jeong-ui (18 Again).

Saya menyukai hampir semua hal dalam Our Beloved Summer kecuali kemungkinan drama ini tidak akan memiliki musim lanjutan. Saya terpaksa harus menonton ulang dan membaca Webtoon-nya. Jarang sekali saya menemukan drama se-heart-warming dan se-relatable ini.

Melewatkan drama ini dan memilih cerita roman picisan adalah dosa besar -- setidaknya bagi saya. Beruntung ada Choi Woo-shik yang menjadi satu-satunya pintu saya untuk masuk ke drama ini.

Our Beloved Summer jelas salah satu yang terbaik tahun ini!

__________________

Directed by Kim Yoon-jin

Written by Lee Na-eun

Starring Choi Woo-shik, Kim Da-mi, Kim Sung-cheol, Roh Jeong-ui, Ahn Dong-gu, Park Jin-joo, Cha Mi-kyung, Jeon Hye-won, Jo Bok-rae


Post a Comment

2 Comments