THE WHISTLERS (2020), HIDDEN GEM DARI RUMANIA: SEDERHANA NAMUN BERKESAN

 

 


 

The Whistlers benar-benar mengejutkan gue dengan gaya penceritaan yang unik dan memukau. Kalau saja gue menonton film ini sejak awal perilisannya, mungkin film ini akan masuk jajaran film terbaik sepanjang 2020 versi gue. Sayangnya, The Whistlers tidak mendapatkan atensi yang cukup, malah cenderung under the radar dan dilewatkan banyak orang. Sampai-sampai gue pun sempat tidak tertarik menonton meski pun posternya terpampang di depan mata.

The Whistlers menceritakan seorang polisi Rumania bernama Cristi, yang merupakan whistle blower untuk mafia, pergi ke La Gomera Island untuk belajar bahasa siulan agar tidak terdeteksi oleh pihak berwajib. Cristi menjadi agen ganda. Di satu sisi dia berusaha mengejar para penjahat, namun di sisi lain Cristi harus mengeluarkan Zsolt dari penjara. Zsolt satu-satunya orang yang tahu letak 30 juta euro tersembunyi.

Corneliu Porumboiu mengarahkan film ini dengan sangat baik. Penonton diajak masuk ke ruangan penuh teka-teki dan Corneliu akan membantu mereka menjawab dengan perlahan, lembut, namun berkesan. Di ruang penuh teka-teki itu penonton juga dibuat berpikir keras dengan aliran plot yang maju mundur dan seolah diminta menebak mana protagonis, mana antagonis. Sebab semua karakter dilemparkan ke lumpur cerita agar terlihat abu-abu. Penulis dan juga sutradaranya memberikan pengalaman observasi yang memaksa kita memutar otak namun menyenangkan.

Bagi kalian yang mau menonton siapkan mata dan telinga. Jangan sekali pun berpaling. Jauhkan ponsel dan semua hal yang mengganggu konsentrasi. Film ini memiliki jalinan plot yang harus kita jahit sendiri di kepala sampai menjadi sebuah kesimpulan.

Gue pribadi sangat puas setelah menonton The Whistlers meski sedikit terlambat. Sejujurnya dari segi penyutradaraan, Corneliu memiliki sedikit kemiripan dengan debut penyutradaraan Kim Yong-hoon (Beasts Clawing at Straws) yang juga sangat gue kagumi.

Lo tidak akan menyesal menonton film ini.

Skor: 8/10

Berikut gue sertakan tautan resmi The Whistlers dari Klik Film


Post a Comment

0 Comments